Bidang Pendpro

Pendidikan dan Profesi

PIC : Christopher William Leowinata

HMKU Medical Career Update (HMCU)

HMKU Medical Career Update merupakan sebuah kegiatan diskusi terbuka antara narasumber dan peserta yang ditujukan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang memperkenalkan profesi kedokteran ke depannya baik secara klinis maupun non klinis oleh dokter dengan pengalaman-pengalaman di bidang yang tidak umum, sehingga harapannya mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter memiliki gambaran dan pandangan pengembangan karier ke depannya setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

PIC : I Gusti Ayu Candra Dewi

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Seminar Nasional

Seminar Nasional HMKU merupakan suatu kegiatan yang menyuguhkan materi terbaru dan menarik dari dunia kedokteran serta diskusi hangat bersama pembicara bertaraf nasional. Terdapat 3 pembicara yang membawakan 3 materi berbeda dengan tema yang sama.

Update :

Seminar Nasional dan Workshop Regional HMKU FK Unud mengusung tema Vanquish Unexpected Outbreaks, Be Aware of The Respiratory Infectious Disease Threat yang akan dilaksanakan secara online pada tanggal 12 September 2020 dengan media cisco webex. SEMNAS ini dilengkapi dengan materi yang terupdate dan juga pembicara yang berkompeten dalam bidangnya seperti halnya:

Track Record and Overview of Infectious Disease in The World
Pembicara : Prof. Dr. dr. Ketut Tuti Parwati Merati, Sp.PD-KPTI, FINASIM

General of Respiratory Infectious Disease
Pembicara : dr. Gede Ketut Sajinadiyasa, Sp.PD-KP, FINASIM

Special topic of Covid-19
Pembicara : Dr. dr. I Ketut Agus Somia, Sp.PD-KPTI, FINASIM

Workshop of Respiratory Devices Management
Pembicara : dr. I Gusti Ngurah Mahaalit Aribawa, Sp.An, KAR, FIPM

Moderator : dr. I Made Susila Utama,SpPD,K-PTI, FINASIM.

Selain menambah wawasan juga bisa menambah poin SKP dan tidak ketinggalan adanya doorprize menarik dan hadiah lain untuk penanya terbaik. Harga tiket sangat terjangkau mulai dari harga seminar mahasiswa (50.000), dokter atau umum (70.000), dan juga harga seminar + workshop untuk mahasiswa (80.000),serta untuk dokter/ umum (100.000).

PIC : I Gusti Agung Gede Agung Ananda Surya Utama

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Kajian dan Advokasi Mahasiswa & Suara HMKU

KAMI & Suara HMKU merupakan fungsi dari bidang Pendpro HMKU FK Unud yang bertugas mengkaji topik seputar masalah pendidikan dan profesi serta masalah internal yang akan diadvokasikan langsung kepada stakeholder. Selain itu, program kerja ini akan menjembatani anatar perwakilan anggota HMKU dari setiap angkatan dengan stakeholder untuk menyampaikan aspirasinya dalam sebuah forum terbuka. KAMI akan bekerja sama dengan Departemen Kajian Strategis BEM dan Pendidikan Profesi ISMKI dalam menjalankan fungsinya. Kajian pencerdasan maupun advokasi lainnya akan disebarluaskan melalui info grafik atau bentuk propaganda dan akan diunggah ke website HMKU.

Update :

Pembukaan KAS periode 1 dan 2 serta Suara HMKU sudah dilaksanakan. Pembukaan KAS periode 3 untuk dokter muda dimulai Bulan Agustus dan untuk preklinik menunggu semester dimulai.

PIC HSC GANJIL : Elliana Freya Hernowo

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

PIC HSC GENAP : Gabriella Rosa Theofani

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

HMKU Study Club (HSC) Semester Ganjil dan Genap

Ganjil

Kegiatan HSC Ganjil merupakan kegiatan pemberian materi dan simulasi OSCE. Kegiatan diawali dengan pemberian materi Basic Clinical Skill oleh dosen yang berkompeten di bidangnya, lalu dilanjutkan dengan pemberian simulasi OSCE. Pemberian materi dan simulasi ini diberikan kepada mahasiswa kedokteran umum semester ganjil yang terdiri dari 4 angkatan yaitu semester I, III, V, VII. Kegiatan materi dan simulasi dilaksanakan secara terjadwal tepat pada saat semester ganjil berlangsung dan hanya dilangsungkan sekali untuk setiap angkatan.

Update :

Materi dipilih berdasarkan kebutuhan mayoritas mahasiswa pada tiap angkatan. Nantinya kriteria tersebut akan dibentuk merujuk pada SKDI Dokter Umum, terutama keterampilan klinis yang memiliki poin 2-4 yang harus bisa dikerjakan oleh dokter umum.

Genap

HSC merupakan kegiatan pelatihan persiapan ujian OSCE kepada mahasiswa kedokteran umum dengan rangkaian kegiatan berupa pemberian materi dan simulasi ujian OSCE. Pemberian materi dilakukan oleh dokter selaku pengajar di lingkungan FK Unud, sedangakan pada pelaksanaan simulasi OSCE pemberian evaluasi dan feedback terhadap peserta dilakukan oleh angakatan diatas peserta simulasi yang bertindak selaku evaluator. Pemilihan materi dan topik simulasi akan disesuiakan dengan materi kuliah Basic Clinical Skill (BCS) yang didapatkan peserta dan juga mengacu pada Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI).

Update :

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19, kegiatan HSC Genap yang biasanya dilaksanakan secara offline harus diubah sistem dan mekanismenya menjadi online. Pelaksanaan yang biasanya dilaksanakan selama 2 hari (materi dan simulasi) diubah menjadi satu hari saja yaitu simulasi online melalui aplikasi cisco webex. Untuk semester 6 dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2020, untuk semester 2 pada tanggal 13 Juni 2020 dan untuk semester 4 dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2020 dengan maksimal kuota peserta 24 orang per semester.

PIC : Anak Agung Bagus Putra Indrakusuma

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Sosialisasi dan Pelatihan Klinis Pra Dokter Muda

Program kerja sosialisasi dan pelatihan klinis pra dokter muda adalah salah satu proker dibawah bidang Pendidikan dan Profesi yang dilakukan untuk memberikan gambaran pada mahasiswa PSSKPD angkatan 2017 yang akan menghadapi masa pendidikan di jenjang profesi. Kegiatan ini terdiri dari sosialisasi serta pemberian materi dan praktik nyata dari materi yang telah dipaparkan sebelumnya. Kegiatan ini akan melibatkan ketua HMKU sebelumnya, sekretaris kordik RSUP Sanglah serta dokter -dokter yang berkompetensi untuk memaparkan materi wajib atau pilihan serta mendampingi praktik dari materi yang telah disampaikan sebelumnya.

Update :

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yang terdiri dari pemberian materi dan praktik nyata (simulasi).