Bidang Pendpro

Pendidikan dan Profesi

HMKU Medical Career Update (HMCU)

HMKU Medical Career Update merupakan sebuah kegiatan diskusi terbuka antara narasumber dan peserta yang ditujukan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang memperkenalkan profesi kedokteran ke depannya baik secara klinis maupun non klinis oleh dokter dengan pengalaman-pengalaman di bidang yang tidak umum, sehingga harapannya mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter memiliki gambaran dan pandangan pengembangan karier ke depannya setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Seminar Nasional

Seminar Nasional HMKU merupakan suatu kegiatan yang menyuguhkan materi terbaru dan menarik dari dunia kedokteran serta diskusi hangat bersama pembicara bertaraf nasional. Terdapat 3 pembicara yang membawakan 3 materi berbeda dengan tema yang sama.

Kajian dan Advokasi Mahasiswa & Suara HMKU

KAMI & Suara HMKU merupakan fungsi dari bidang Pendpro HMKU FK Unud yang bertugas mengkaji topik seputar masalah pendidikan dan profesi serta masalah internal yang akan diadvokasikan langsung kepada stakeholder. Selain itu, program kerja ini akan menjembatani anatar perwakilan anggota HMKU dari setiap angkatan dengan stakeholder untuk menyampaikan aspirasinya dalam sebuah forum terbuka. KAMI akan bekerja sama dengan Departemen Kajian Strategis BEM dan Pendidikan Profesi ISMKI dalam menjalankan fungsinya. Kajian pencerdasan maupun advokasi lainnya akan disebarluaskan melalui info grafik atau bentuk propaganda dan akan diunggah ke website HMKU.

HMKU Study Club (HSC) Semester Ganjil dan Genap

Bentuk kegiatan ini adalah pemberian materi merujuk ke standar kompetensi 4 yang harus dimiliki oleh seorang dokter umum, diberikan oleh dosen-dosen yang berkompeten di bidangnya. Materi dan dosen pemberi materi akan dipilih berdasarkan prioritas yang ditetapkan panitia berdasarkan kebutuhan mayoritas mahasiswa pada tiap angkatan. Nantinya kriteria tersebut akan dibentuk merujuk pada SKDI Dokter Umum, terutama keterampilan klinis yang memiliki poin 2-4 yang harus bisa dikerjakan oleh dokter umum.

Sosialisasi dan Pelatihan Klinis Pra Dokter Muda

Program kerja sosialisasi dan pelatihan klinis pra dokter muda adalah salah satu proker dibawah bidang Pendidikan dan Profesi yang dilakukan untuk memberikan gambaran pada mahasiswa PSSKPD angkatan 2017 yang akan menghadapi masa pendidikan di jenjang profesi. Kegiatan ini terdiri dari sosialisasi serta pemberian materi dan praktik nyata dari materi yang telah dipaparkan sebelumnya. Kegiatan ini akan melibatkan ketua HMKU sebelumnya, sekretaris kordik RSUP Sanglah serta dokter-dokter yang berkompetensi untuk memaparkan materi wajib atau pilihan serta mendampingi praktik dari materi yang telah disampaikan sebelumnya.