Bidang Pengmas

Pengembangan Masyarakat

PIC : I Gusti Agung Dwi Pradnyana

PIC : I Gusti Ayu Gita Widyaswari

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Pelayanan Kesehatan dan Penelitian (PENITI)

Kegiatan Peniti dilaksanakan selama dua hari satu malam. Kegiatan di hari pertama meliputi penyampaian hasil penelitian, senam ceria bersama siswa SD, konsultasi kesehatan anak, penyuluhan materi kesehatan (PHBS, Dermatitis, Pubertas) kepada siswa SD, sosialisasi door to door mengenai penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus di wilayah setempat, serta penyuluhan kesehatan mengenai rematik kepada lansia. Pada malam hari pertama diadakan Malam keakraban dengan masyarakat setempat disertai atraksi panitia, masyarakat dan acara tradisional seperti bondres yang bermanfaat bagi kesehatan dan dapat meningkatkan suasana kekeluargaan di antara panitia dan masyarakat banjar setempat. Pada hari ke dua dilakukan kegiatan pelayanan kesehatan.

PIC : Dewa Made Prasetya Sudarsana Mahaputra

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Bulan Bakti ISMKI

Bulan Bakti ISMKI 2020 merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh bidang Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang telah diselenggarakan dan hingga saat ini masih kami selenggarakan. Acara ini akan dikemas dengan konsep pemberian materi berdasarkan tema dari ISMKI pusat dan juga pelayanan kesehatan kepada masyarakat pada umumnya. Acara akan diselenggarakan selama 2 hari dan terdapat acara pemberian materi kesehatan, malam keakraban, dan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Update :

BB ISMKI 2019
Tema Kegiatan : “Perangi Narkoba, Guna Memulihkan Kesehatan Bangsa”

Pemateri :
1. dr I Made Oka Negara, S.Ked, FIAS
2. Kepala BNN Kabupaten Tabanan

Lokasi :
1. SMP Negeri 2 Penebel Tabanan
2. Bale Desa Penatahan

Inovasi :
Door to door

PIC : Marco

PIC : Kadek Ayu Sri Tresnayanthi

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Roadshow Sehat Lansia dan Anak (ROSELA)

Rosela merupakan sebuah program yang dilatarbelakangi oleh kesadaran terhadap pentingnya meningkatkan kualitas kesehatan melalui edukasi serta pelayanan kesehatan pada usia rentan yaitu golongan lansia dan anak-anak. Kegiatan yang dilakukan masing-masing 2 hari untuk lansia dan anak, yang mana hari pertama merupakan pelayanan kesehatan dan KIE dan dilanjutkan dengan hari kedua yaitu penyuluhan, sosialisasi serta evaluasi tingkat kesehatan berdasarkan data yang telah didapat pada hari sebelumnya.

Update :

Sehubungan dengan pandemik Covid-19, kegiatan akan dilaksanakan dengan memberikan bantuan berupa bagi sembako atau kebutuhan sehari-hari, buku dan obat-obatan kepada kaum lansia dan anak-anak yang tinggal di panti asuhan dan panti jompo. Selain pembagian sembako kegiatan ini akan dilaksanakan juga pemberian edukasi tentang hidup sehat.

PIC : Dewa Made Prasetya Sudarsana Mahaputra

PIC : I Gusti Agung Dwi Pradnyana

PIC : I Gusti Ayu Gita Widyaswari

PIC : Marco

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Kajian Tematik

Kajian ini berisikan isu-isu kesehatan yang berkaitan dengan Hari Kesehatan Nasional. Kajian lalu dipublikasikan melalui official account HMKU dalam bentuk poster, sehingga dapat dibaca oleh mahasiswa khususnya dan masyarakat luas umumnya. Kajian ini dibuat setiap 2 bulan sekali dengan memilih hari nasional pada saat bulan itu.

Update :

Kajian tematik memuat informasi-informasi yang faktual dan aktual sesuai dengan issue yakni penyakit sedang menjadi wabah atau dengan angka prevalensi yang tinggi di Indonesia atau bahkan dunia. Seluruh staff Bidang Pengmas secara bergantian (sesuai dengan timeline yang sudah disepakati) akan menjadi PIC untuk sebuah kajian tematik. Nantinya, dari kelima staff Bidang Pengmas akan dihasilkan lima buah kajian tematik. Adapun sebagai bentuk publikasi, poin-poin penting dari kajian akan diberikan kepada Bidang KHIK untuk nantinya dikemas dalam tampilan yang menarik dan mudah dipahami untuk selanjutnya dipublikasikan di media sosial HMKU FK Unud.