Bidang Pengmas

Pengembangan Masyarakat

Pelayanan Kesehatan dan Penelitian (PENITI)

Kegiatan Peniti dilaksanakan selama dua hari satu malam. Kegiatan di hari pertama meliputi penyampaian hasil penelitian, senam ceria bersama siswa SD, konsultasi kesehatan anak, penyuluhan materi kesehatan (PHBS, Dermatitis, Pubertas) kepada siswa SD, sosialisasi door to door mengenai penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus di wilayah setempat, serta penyuluhan kesehatan mengenai rematik kepada lansia. Pada malam hari pertama diadakan Malam keakraban dengan masyarakat setempat disertai atraksi panitia, masyarakat dan acara tradisional seperti bondres yang bermanfaat bagi kesehatan dan dapat meningkatkan suasana kekeluargaan di antara panitia dan masyarakat banjar setempat. Pada hari ke dua dilakukan kegiatan pelayanan kesehatan.

Bulan Bakti ISMKI

Bulan Bakti ISMKI 2020 merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh bidang Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang telah diselenggarakan dan hingga saat ini masih kami selenggarakan. Acara ini akan dikemas dengan konsep pemberian materi berdasarkan tema dari ISMKI pusat dan juga pelayanan kesehatan kepada masyarakat pada umumnya. Acara akan diselenggarakan selama 2 hari dan terdapat acara pemberian materi kesehatan, malam keakraban, dan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Roadshow Sehat Lansia dan Anak (ROSELA)

Rosela merupakan sebuah program yang dilatarbelakangi oleh kesadaran terhadap pentingnya meningkatkan kualitas kesehatan melalui edukasi serta pelayanan kesehatan pada usia rentan yaitu golongan lansia dan anak-anak. Kegiatan yang dilakukan masing-masing 2 hari untuk lansia dan anak, yang mana hari pertama merupakan pelayanan kesehatan dan KIE dan dilanjutkan dengan hari kedua yaitu penyuluhan, sosialisasi serta evaluasi tingkat kesehatan berdasarkan data yang telah didapat pada hari sebelumnya.

Kajian Tematik

Kajian ini berisikan isu-isu kesehatan yang berkaitan dengan Hari Kesehatan Nasional. Kajian lalu dipublikasikan melalui official account HMKU dalam bentuk poster, sehingga dapat dibaca oleh mahasiswa khususnya dan masyarakat luas umumnya. Kajian ini dibuat setiap 2 bulan sekali dengan memilih hari nasional pada saat bulan itu.