Selamat datang di Kampus Universitas Udayana. Perkuliahan di Universitas Udayana terpusat di dua daerha yang berbeda. Kampus Universitas Udayana yang utama adalah terletak di Jalan Raya Kampus Unud, Bukit-Jimbaran dan Jalan P.B Sudirman atau yang akrab disebut dengan Kampus sudirman. Kampus Bukit disebut sebagai kampus utama dikarenakan segala pusat administrasi universitas terletak disana. Meliputi Rektorat, Auditorium Widya Sabha, Perpustakaan Universitas Udayana, dan sebagaian besar fakultas berada di Bukit. Adapun kegiatan yang bersifat administratif dilakukan di Kampus Bukit. Namun, berbeda dengan Kampus Sudirman. Kampus ini bisa disebut sebagai pusat kegiatan mahasiswa. Hal ini dikarenakan letak yang strategis di jantung kota Denpasar. Salah satu fakultas yang berada di kampus Sudirman adalah Fakultas tercinta kita, Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran memiliki beberapa gedung perkuliahan, namun sebagai pusat administrasi berada di gedung barat FK Unud. Gedung ini juga berfungsi sebagai tempat perkuliahan mahasiswa pendidikan dokter dan pendidikan dokter gigi, serta sebagai tempat untuk melakuakn small grup discussion bagi beberapa jurusan. Bagi kalian mahasiswa baru Universitas Udayana yang beragam asalanya, terutama dari luar Denpasar, memerlukan tempat tinggal untuk meniti kehidupan sebagai mahasiswa nantinya. Yuk kita simak beberapa bahasan dibawah ini :

  1. Tempat Tinggal

Siapa yang tidak membutuhkan tempat untuk tidur ketika akan meniti kehidupan sebagai mahasiswa yang akan belajar selama tujuh tahun? Tentu bagi kalian mahasiswa baru yang berasal dari luar Denpasar dan sekitarnya memerlukan suatu hunian. Hunian yang tersedia di Denpasar sangatlah banyak pilihannya dan itu tergantung pada kalian sendiri. Beberapa opsi bisa kami berikan antara lain: a). Menyewa rumah bersama beberapa temanmu. b). Bagi yang memiliki relasi bisa menumpoang tinggal c). Atau kalian bisa menjadi mahasiswa indekos.

Opsi C adalah sebagain besar opsi yang diambil oleh kebanyakan mahasiswa. Indekos di Denpasar sangat bervariasi. Bisa dikategorikan menjadi beberapa kategori mulai dari kos elite, kos khusus perempuan, kos campuran, kos dekat kampus, kos khusus mahasiswa, dan masih banyak lagi. Kalian tinggal pilih saja. Dan ingat melaukan survei jauh-jauh hari sebelumnya karena kalian akan bersaing denagn beberapa ratus mahasiswa lainnya. Semangat! Berikut daftar indekos yang telah diwariskan dari BEM FK Unud setiap tahunnya :

(http://hmku.fkunud.com/datatempatkost/)

 

  1. Dimana saya bisa makan?

Bagi adik-adik yang baru pertama kali merantau, pertanyaan ini adalah yang sering tersirat dipikiran kalian. Tapi tenang saja, segala jenis restaurant/ tempat makan di Denpasara tersebar di pelosok Denpasar. Kalian bisa mencoba-coba berbagai jenis restaurant disini dengan harga yang beragam pula. Ingat, penting untuk bertanya harga sebelum kalian membeli makanan karena bisa saja harganya tidak terduga. Namun, kalian juga bisa memnafaatkan beberapa aplikasi online untuk membeli makanan di Denpasar. Disana sudah tertera pula harganya.

  1. Nasi Ayam Prambanan Renon
  2. Nasi Ayam Kalasan Renon
  3. McD Mall Robinson Robinson Mall, Ground Floor, Denpasar
  4. KFC Matahari Matahari Dept. Store, Denpasar

E.Uno Terang Bulan dan Martabak Jl. Waturenggong No. 54 Denpasar

  1. Coto Makasar Sudirman Komplek Sudirman Agung E 16 Jl. P.B. Sudirman
  2. Siobak Bali House Jl Tukad Irawadi No. 18 Denpasar
  3. Nasi Jinggo Babi Kecap Jik Elle Jl. Tukad Irawadi No. 20 Denpasar
  4. Ayam Geprek Dekat Kampus Jl. P.B. Sudirman No. 19B Denpasar
  5. Twisterdog Jl. Tukad pakerisan Gg. 11C No. 8 Denpasar
  6. Gosha Kitchen and Patisserie Jl. Tukad Gangga No. 28 Denpasar
  7. Depot Mom’s Jl. Serma Made Pil No. 2 Denpasar
  8. Mie Kober Renon Jl. Letda Tantular Renon, Denpasar

 

  1. Goes To Campus!

Bagi sebagian besar mahasiswa, pergi ke kampus dan tempat lain tentunya membutuhkan transportasi. Transporatasi yang bisa ditawarkan oleh Kota Denpasar kepada anda bergaam bentuknya. Mari kita membahas satu-satu:

  1. Bus Trans Sarbagita

Trans Sarbagita adalah bus yang melayani rute antar kabupaten di Bali antara lain Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan. Berhubung sebagai mahasiswa FK Unud, tentu saja nantinya kita memiliki kepentingan di kampus utama yaitu Kampus Bukit. Jarak yang sangat jauh kadang membuat mahahsiwa merasa malas untuk datang. Namun jangan khawatir, Trans Sarbagita siap melayani. Halte yang berada di depan kampus membuat mahasiswa mudah mengakses bus ini. Selain itu fasilitas bus ber-AC akan membuat nyaman perjalanan kalian selama menuju kampus Bukit dan yang laing penting adalah tarif bagi pelajar hanya Rp2.500,00 saja. Murah dan Nyaman, bukan?

  1. Ojek Online

Bagi kalian yang tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi karena alasan tertentu, maka ojek online-lah solusinya. Kalian sangat dengan mudah memanfaatkan aplikasi ini untuk antar jemput dari kampus dan tempat tinggal. Harga yang terjangkau juga menyebabkan saat ini banyak mahasiswa yang menggunakan jasa ojek online.

  1. Kendaraan pribadi

Motor atau mobil pribadi adalah pilihan selanjutnya. Kalian bisa menggunakan motor dan mobil pribadi utnuk emnuju kampus. Namun, kemacetan di Denpasar sendiri sudah sangat parah sehingga kalian perlu kesabaran yang ekstra untuk menghadapinya. Selian itu, keterbatasan lahan parkir juga menjadi kendalanya. Semoga kalian bijak dalam menggunakan kendaraan pribadi ketika berpergian ke kampus.

  1. Kebutuhan Mahasiswa Pendidikan Dokter

Setelah menjadi mahasiswa pendidikan dokter, kalian pasti berpikir tentang apa saja kebutuhan sebagai mahasiswa baru pendidikan dokter. Kebutuhan mahasiswa pendidikan dokter sama seperti kebutuhan mahasiswa lainnya. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, kebutuhan sebagai mahasiswa, dan kebutuhan tambahan sebagai mahasiswa pendidikan dokter. Yuk simak pembahasan dibawah ini:

  1. Kebutuhan Sehari-Hari

Kehidupan sebagai mahasiswa pendidikan dokter tidak hanya berlangsung selama 1 atau 2 bulan saja, melainkan selama 7 tahun lamanya. Tinggal di rantauan selama tujuh tahun mesti mengenal seluk beluk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita. Tinggal disekitaran kampus tidak akan membuat kalian seperti tinggal di hutan rimba, apalagi di kota besar. Banyak tempat yang kalian bisa datangi untuk membeli peralatan sehari-hari. Antara lain: Indomaret, Alfamart, Circle K, dan yang paling recommended adalah Tiara Grosir. Nah sudah ada bayangan kan tempat yang harus kalian kunjungi ketika membutuhkan peralatan pribadi.

  1. Kebutuhan Sebagai Mahasiswa

Menjadi mahasiswa tentu saja memerlukan yang namanya alat tulis serta alat elektronik. Tenang saja, guys! Banyak tempat di Denpasar yang bisa kalian datanagi untuk hal-hal tersebut. Di dekat kampus kalian bisa membeli alat-alat tulis dan sebagaianya di Togamas Jl. P.B. Sudirman. Kalian juga tidak perlu susah-susah mncari tempat fotocopy serta jilid karena kalaian bisa menemukannya di lantai I Gedung Barat FK Unud serta jika kalian perlu melakukan penjilidan dan fotocopy diluar jam perkuliahan kalian bisa menemukan banyak tempat percetakan di Jl. Waturenggong.

  1. Kebutuhan sebagai Mahasiswa PSPD FK Unud

Ini adalah kebutuhan penting selain menjadi seorang mahasiswa. Apa saja sih yang harus kalian persiapkan? Sebagai mahasiswa kedokteran, kalian tentu saja memerlukan buku refrensi kedokteran yang direkomendasikan oleh dokter yang mengajar topik tertentu. Namun, kalian tidak perlu khawatir. Banyak took buku yang menyediakan kebutuhan buku refrensi yang kalian perlukan. Bukan hanya buku saja yang kalian perluka, seorang mahsiswa kedokteran memerlukan alat-alat kesehata yang menunjang skill kalian menjadi dokter antara lain: stetoskop, sphignomanometer, penlight, palu reflex, serta thermometer. Kalian tidak perlu pusing berpikir tentang dimana mendapatkannya. HMKU FK Unud akan membantu para mahasiswa baru dalam memiliki satu set alat-alat tersebut dengan harga yang terjangkau.